Webblog lengkap yang membahas pembelajaran kimia SMA Full materi, animasi, latihan soal dan e-book kimia Materi kimia SMA dibahas dengan bahasa mudah, interaktif dan menyenangkan Belajar Kimia dengan cara mengasyikkan, interaktif dan edukatif. Download e-book, animasi, multimedia serta perangkat pembelajaran sepuasnya

Selasa, 23 Oktober 2012

SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Pernahkah kau melihat kejadian sehari-hari berikut :
  •  Apabila memasak, mengapa bumbu selalu ditambahkan setelah air mendidih ?
  • Mengapa dalam pembuatan es cream selalu ditambahkan garam ?
  • Mengapa pemberian pupuk kimia pada tanaman secara berlebihan justru akan menyebabkan tanaman mati ?
  • Mengapa larutan infus yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah harus bersifat isotonis (sama konsentrasinya) dengan sel-sel darah merah ?
Pembentukan suatu larutan tidak mempengaruhi sifat-sifat kimia komponen penyusun larutan tersebut. Namun demikian, sifat fisis zat seringkali berubah ketika zat tersebut menjadi komponen larutan. Perubahan fisis tersebut terjadi karena adanya interaksi antara zat terlarut dengan pelarutnya.
Salah satu sifat yang disebabkan oleh adanya interaksi antar zat terlarut dengan pelarutnya adalah sifat koligatif larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat fisis yang hanya ditentukan oleh jumlah partikel zat terlarut dan tidak bergantung pada jenis zat terlarut.

Sifat koligatif larutan meliputi :
  1. Penurunan Tekanan Uap 
  2. Penurunan Titik Beku
  3. Kenaikan Titik Didih
  4. Tekanan Osmotik



Download File 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan komentar dengan sopan dan beretika